Retinopathy of Prematurity

oleh: dr. Yuliana

Membahas kasus yang dialami si kembar, Jared dan Jayden, putra dari Ibu Juliana yang mengalami gangguan penglihatan bahkan salah satunya mengalami kebutaan total pada kedua matanya, sungguh mengundang pertanyaan di benak kita. Apa sih sebenarnya retinopathy of prematurity yang disebut-sebut sebagai penyebab hilangnya penglihatan yang normal pada kedua bocah kembar tersebut? Berikut akan dibahas secara singkat mengenai retinopathy of prematurity (ROP) atau yang sering juga dikenal retrolental fibroplasia (RLF).

Retinopathy of prematurity (ROP) adalah kelainan pada mata yang terjadi pada bayi-bayi prematur. Kelainan ini disebabkan5 karena adanya pertumbuhan pembuluh darah retina abnormal yang dapat menyebabkan perlukaan atau lepasnya retina. ROP dapat berlangsung ringan dan membaik dengan sendirinya, tetapi bisa juga menjadi serius dan mengakibatkan kebutaan. Semua bayi dengan berat lahir kurang dari 1500 gram atau usia kehamilan kurang dari 32 minggu berisiko mengalami ROP, tetapi pada bayi-bayi dengan berat lahir semakin kecil dan semakin muda maka risiko terjadinya ROP semakin meningkat. Pemberian oksigen tambahan pada bayi prematur merupakan salah satu faktor risiko yang menyebabkan memberatnya ROP, tetapi bukan merupakan faktor utama terjadinya ROP. Pembatasan pemberian oksigen tambahan pada bayi prematur tidak secara langsung akan menurunkan kejadian ROP, malah akan meningkatkan komplikasi sistemik lain akibat kondisi kekurangan oksigen (hipoksia).

ROP terjadi pada 50% bayi prematur dengan berat lahir kurang dari 1250 gram dan 10%nya berkembang menjadi ROP stadium 3 sedangkan 90%nya berlangsung ringan dan tidak memerlukan pengobatan.

Pada bayi yang lahir dengan usia kehamilan 23-28 minggu, pemeriksaan mata pertama harus dilakukan pada usia 4-5 minggu. Sedangkan pada bayi yang lahir dengan usia kehamilan di atas 29 minggu, pemeriksaan dilakukan sebelum keluar dari rumah sakit. Bayi dengan ROP berisiko besar terjadi strabismus (juling), g laukoma, katarak, dan kelainan refraksi (rabun jauh), sampai buta. Oleh karena itu harus dilakukan pemeriksaan berkala setiap tahun untuk mencegah dan mengatasi kondisi-kondisi tersebut.

7Pemeriksaan mata bayi dilakukan dengan menggunakan oftalmoskop indirek. Klasifikasi ROP ditetapkan berdasar kan International Classification of Retinopathy of Prematurity (ICROP). Sistem ini menggunakan beberapa parameter untuk mendeskripsikan ROP, yaitu lokasi dari penyakit (zona 1,2 dan 3), perluasan melingkar dari penyakit (jam 1-12), keparahan penyakit (stadium 1-5), serta ada tidaknya “plus disease”.

ropZona Retina

Zona 1 daerah posterior retina

Zona 2 annulus dengan batas dalam zona 1 dan batas luar jarak dari nervus optikus ke nasal ora serrata

Zona 3 residual temporal crescent of the retina.

Stadium

Stadium 1 garis batas kabur

Stadium 2 elevated ridge

Stadium 3 extraretinal fibrovascular tissue

Stadium 4 sub-total retinal detachment

Stadium 5 total retinal detachment

Plus disease” dapat muncul pada stadium manapun. Menunjukkan tingkat yang signifikan dari dilatasi vaskular dan tortuosity yang ada di pembuluh darah retina belakang. Hal ini menggambarkan adanya peningkatan aliran darah yang melewati retina.

Terapi ROP yang dianjurkan adalah laser. Selain laser, ada juga cryotherapy, akan tetapi cryotherapy tidak lagi rutin digunakan pada ablasio retina bayi prematur, karena berefek samping inflamasi dan lid swelling. Scleral buckling dan/atau bedah vitrectomy dapat dipertimbangkan pada ROP berat (stadium 4-5).

Sumber:

Anonim1. 2007. Retinopathy of Prematurity. (Online). (http://biosingularity.files.wordpress.com/ 2007/07/4330_web.jpg, diakses tanggal 22 Juni 2009).

Anonim2. 2009. Retinopathy of Prematurity. (Online). (http://www.gruiasfightforsight.com/ img/photo.jpg, diakses tanggal 22 Juni 2009).

Bashour, Mounir. 2008. Retinopathy of Prematurity. (Online). (http://emedicine.medscape.com/ article/1225022-overview, diakses tanggal 22 Juni 2009).

National Institute of Eye. 2009. Retinopathy of Prematurity. (Online). (http://www.nei.nih.gov/ health/rop, diakses tanggal 22 Juni 2009).

Wikipedia. 2009. Retinopathy of Prematurity. (Online). (http://en.wikipedia.org/wiki/ Retinopathy_of_prematurity, diakses tanggal 22 Juni 2009).

One Response

  1. anak sya lahir prematur 28 mgu dg berat 1200 gram,,
    ketika usia 3 bulan di vonis dokter ROP stadium 4-5..
    sudah sya cob bawa ke RSCM, Klinik Mata Nusantara dan JEC,,, tp semuanya mengatakan sudah tidak bisa diapa2kan lg,,,

    sekarang anak sy sudah berusia 2 th,, bgman dg sistem terapi SCELAR BUCKLING atau BEDAH VIRECTOMY???
    apa anak sya masih bsa untuk melakukan terapi tersebut? kalau bisa berapa % kira2 tingkat keberhasilan terapi tersebut…

    tmks..

Leave a comment