Hati-Hati dengan “Pulled Elbow”

Oleh: dr. Yuliana

Sedikit berbagi pengalaman dengan pembaca blog saya. Kemarin saya mengantar keponakan saya yang baru berusia 5 tahun ke dokter karena tangan kanannya tidak bisa digerakkan dan bengkak di sikunya. Awal kejadiannya adalah saat ponakan saya ditarik tangannya oleh ayahnya (lihat ilustrasi). Setelah dibawa ke dokter, ponakan saya didiagnosa menderita “pulled elbow”. Karena penasaran dengan penyakit tersebut, saya pun mencari info tentang pulled elbow di google dan di buku Orthopedi/bedah tulang milik teman saya. Berikut penjelasannya secara singkat.

pulled_elbow_khi_rchnurse

“Pulled elbow” seringkali disebut dengan “nursemaid elbow” adalah suatu trauma pada sendi siku anak-anak, dimana terjadi robekan pada ligamen (struktur yang menghubungkan tulang dengan tulang) pada tulang radius/tulang hasta (lihat gambar) sehingga tulang radius akan lepas dari sendi siku (mengalami dislokasi). Akibatnya anak akan kesakitan saat berusaha menggerakkan tangannya, bahkan enggan untuk menggerakkannya sama sekali. “Pulled elbow” hanya terjadi pada anak kecil, karena lemahnya ligamen pada tulang radius tersebut.

Pertolongan pertama yang dapat anda lakukan adalah jangan memaksa anak untuk meluruskan siku. Segera bawa anak anda ke dokter atau ke unit gawat darurat untuk mendapatkan pertolongan. Semoga tulisan singkat ini bisa membuat pembaca lebih berhati-hati dengan anak anda.

8 Responses

  1. wah bagus juga artikel ini. thanks ya….
    Saya harus berhati-hati kalo narik-narik tangan keponakan saya. Ini benar-benar pengetahuan baru bagi saya.
    Lain kali nulis artikel-artikel yang menarik lagi ya dok…
    Sehingga menambah wawasan bagi orang awam seperti saya ini…
    -Hen-
    ^_^

  2. Mohon ijin untuk kopi-paste ya .. ke menarik tangan anak
    ..
    Terima kasih

  3. @yanti:ok2.. ^_^

  4. mohon ijin untuk dikopi sebagai salah satu bahan skripsi saya. nuhun

  5. silahkan.. semoga bermanfaat^_^

  6. […] dalam kelompok tersebut. Diperkuat juga dengan  apa yang  sempat saya temukan dalam postingan ibu Dr Yuliana . Saya coba copy pastekan disini…Silahkan membaca  Semoga […]

  7. dok terimakasih atas sharenya..
    mau nanya masih berkaitan dengan pulled ellbow, anak saya terjatuh dari kursi umur setahun lebih dan yang menjadi tumpuannya adalah tanggan kiri, akhirnya tangannnya menjadi bengkak dan agak sulit diluruskan jika kita minta diluruskan. karena belum paham yang terjadi maka kami memutuskan untuk terapi dengan urut walhasil bengkaknya turun dan tapi masih ada bekasnya yaitu pada sendi tangan kirinya terdapat perbedaan antara sendi tangan kanan, tangan yang bengkak tadi seolah-olah berputar sendinya dan bengkak seperti ada tonjolan tulang, apakah ini elbow atau apa dok? dan gimana penanganannya sedangkan sekarang umurnya sudah 3 tahun lebih, apakah masih bisa diobati atau dinormalkan kembali?

  8. mohon ijin untuk di kopi ya… ^_^

Leave a Reply

