Penggunaan Obat Batuk pada Anak (1)

oleh: dr. Yuliana

Pada Agustus 2008, dilaporkan bahwa dijumpai kematian pada bayi di Arizona terkait dengan penggunaan obat batuk. Penulis megidentifikasi 10 kematian bayi yang merupakan kejadian dalam hal toksikologi akibat penggunaan obat batuk OTC (over the counter) atau obat batuk yang dijual bebas. Dari sepuluh kasus, hanya satu bayi yang memang benar-benar diberi obat setelah melakukan konsultasi dengan dokter, sedangkan sembilan lainnya membeli obat secara bebas. Obat-obat batuk yang beredar di pasaran umumnya tidak memiliki petunjuk dosis untuk anak berusia kurang dari dua tahun. 2 bayi dilaporkan mengkonsumsi ambroksol, yaitu obat yang bekerja sebagai mukolitik (pengencer dahak), yang sebenarnya tidak dijual bebas tanpa resep di Amerika. Dan ditegaskan lagi, bahwa sebenarnya ambroksol ini tidak disahkan oleh Food and Drug Administration (FDA) Amerika untuk indikasi apapun baik dengan resep maupun sebagai obat OTC. Bahkan, FDA telah berhasil menemukan adanya situs perdagangan ilegal yang menjual ambroksol serta mencantumkan informasi dosis bahkan untuk anak di bawah dua tahun.

Begitu mencengangkan dan miris membaca berita di atas, yang sejatinya terjadi di Amerika. Langsung terpikir dalam benak kita, bagaimana dengan Indonesia??

Di Amerika saja, yang nyata-nyata dilarang, orang masih berupaya mendapatkan obat dengan cara apapun, bagaimana dengan Indonesia, dimana antibiotik saja beredar dengan bebas, apalagi cuma sekedar obat batuk? Entah siapa yang harus disalahkan dalam hal ini? Masyarakat sebagai konsumen yang umumnya memiliki pengetahuan terbatas? Petugas medis dan paramedis yang seharusnya berada di garis depan sebagai pemberi informasi kesehatan? Atau pemerintah sebagai pengatur kebijakan??

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: